Ikuti Kami
keuangan

Paling Efektif! Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Perlu Anda Ketahui

Aji Pamungkas
Publish
Paling Efektif! Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Perlu Anda Ketahui

Emakbloger.com - Cerdas dalam mengetur keuangan memang perkara penting dalam kehidupan, entah itu keungan rumah tangga, pribadi, dan keuangan bisnis. Nah, seperti yang sering kita dengan kalimat “Jika ingin kaya, maka anda harus mengetahui cara mengatur keuangan pribadi”. Ya, kalimat tersebut memang patut untuk kita benarkan.

Tentu setiap orang mengharapkan penghasilan yang besar, namun tahukah Anda bahwa yang terpenting adalah Anda bisa menikmatinya, bukan? Sangat menyedihkan jika anda memiliki gaji atau pendapatan yang besar, seumpama lebih dari Rp 20 juta, tetapi hutang dan tagihan yang anda miliki melebihi dari 70% dari pendapatan anda perbulannya.

Tidak ada jumlah pendapatan yang akan menjamin kesejahteraan hidup kita jika kita tidak mebegtahui cara mengatur keuangan pribadi dengan baik. Bahkan orang kaya akan mengalami stres dan frustrasi jika mereka tidak mengelola keuangan mereka dan mengelola pendapatan dan pengeluaran mereka.

Masalah keuangan pasti akan membuat kepala pusing dan tidak bisa tidur. Sebelum masalah keuangan menumpuk, lebih baik perbaiki satu per satu dari hal - hal sederhana dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

Mengutip dari berbagai sumer, ada beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang perlu anda terapka mulai dini. Kenapa? ya kembali lagi ke pembahasan sebelumnya, memanajemen keunangan itu sangatlah penting jika anda menginginkan hidup yang tertata. Berikut Tipsnya:

1. Memiliki Catatan Keungan Pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi yang pertama adalah dengan memiliki catatan keuangan. Catatan keuangan pribadi sangat berguna. Ini adalah langkah dasar yang perlu anda ambil. Jika langkah awal ini tidak kita lakukan dengan baik bahkan secara konsisten, keuangan pribadi anda akan tetap berantakan dan tidak teratur.

Dengan mencatat keuangan pribadi, anda dapat menentukan besaran pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu, anda dapat mengetahui pengeluaran apa yang dapat kita kurangi atau perlukan untuk meningkatkan nilai nominal sesuai kebutuhan.

Dari beberapa hal penting mengatur keuangan pribadi. Mencatat sumber keuangan pribadi juga sangat berguna dalam merancang tujuan keuangan, anda dapat mengetahui sampai seberapa waktu uang anda akan habis.

Misalnya, jika anda memiliki tujuan keuangan dalam lima tahun ke depan untuk membeli rumah dengan hipotek sebesar Rp. 300 juta, maka bisa anda rencanakan mulai sekarang dengan memberikan uang muka minimal 30 persen yaitu Rp. 90 juta untuk jangka waktu tertentu sesuai kemampuan finansial.


Baca:
8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 juta

2. Atur Anggaran Pengeluaran

Mengatur anggaran pengeluaran bulanan juga merupakan salah satu cara mengatur keuangan pribadi paling efektif. Anda bisa menerapkan metode 40 persen, 30 persen, 20 persen, dan 10 persen pendapatan bulanan anda. Anda bisa menyimak contoh beirkut ini:

  • 40 persen penghasilan Anda untuk pengeluaran sehari-hari, seperti biaya tagihan bulanan untuk kebutuhan belanja sehari-hari.
  • 30 persen dari penghasilan Anda untuk melunasi pembayaran utang jika Anda memilikinya.
  • 20 persen dari pendapatan Anda berikutnya untuk tabungan investasi masa depan finansial yang lebih baik.
  • Dan 10 persen dari penghasilan Anda untuk sumbangan seperti zakat atau zakat fitrah.

3. Mengelola Pengeluaran dengan Bijak

Biasanya untuk pekerja atau karyawan, pajak akan otomatis dipotong dari gaji setiap bulannya sampai kita mendapatkan gaji bersih yang sudah dipotong dari biaya membayar pajak. Selain itu, potongan untuk pekerja Jamsostek seperti BPJS Ketenagakerjaan dibayarkan secara otomatis.

Pengeluaran selanjutnya yang perlu diatur dalam tata cara mengatur keuangan pribadi adalah sumbangan seperti sedekah atau zakat fitrah, yaitu pengeluaran untuk urusan keagamaan yang mewajibkan umatnya untuk membayar zakat tersebut.

Selain itu, untuk membentuk keuangan yang baik sesuai dengan layanan perencanaan keuangan, anda perlu memprioritaskan tabungan melalui sarana investasi. Menabung di bank saja tidak cukup karena rata-rata jumlah bunga yang diterima dalam satu tahun tidak dapat dibandingkan dengan potongan administrasi bulanan saat ini dan sangat besar, apalagi dengan tingkat inflasi yang tinggi setiap tahunnya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berinvestasi melalui berbagai alat investasi yang sangat menguntungkan untuk membangun penghasilan keuangan pribadi dan mempersiapkan masa depan keuangan yang lebih baik. Dari tabungan investasi anda juga bisa menambah penghasilan dengan membangun bisnis dari pendapatan investasi yang anda dapatkan.

4. Sediakan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang sangat penting untuk mengantisipasi keadaan darurat atau mendesak agar tidak mempengaruhi keadaan keuangan anda. Banyak kejadian atau bencana yang tidak bisa di prediksi, sehingga anda membutuhkan dana darurat.


Baca:
10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

5. Miliki Asuransi Kesehatan & Jiwa

Cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya adalah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa membeli asuransi bukanlah perkara yang penting. Sebgian dari mereka merasa rugi karena selama ini membayar asuransi tetapi tidak pernah merasakan manfaatnya.

Pertanyaannya adalah: Apakah ada yang ingin sakit atau mengalami hal buruk? Tentu tidak kan?. Asuransi digunakan sebagai payung untuk melindungi anda dari hujan atau panas yang ekstrim. Anda tidak tahu kapan hujan akan datang, tapi kita harus siap dan hati-hati bukan?

6. Menghindari hutang konsumtif

Utang konsumtif akan membuat dompet Anda semakin sesak. Perencana keuangan dan pakar keuangan setuju bahwa utang kunsumtif tidak dianjurkan. Di sisi lain, hutang produktif adalah pilihan untuk meningkatkan pendapatan Anda, misalnya Anda meminjam sejumlah uang untuk modal usaha dari bank atau memberikan pinjaman mobil dimana mobil tersebut digunakan untuk bekerja atau untuk mendapatkan uang.

Nah, itulah beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang bisa anda jadikan referensi. Namun perlu anda ingat kembali, semua orang mempunyai value yang berbeda - beda. Jadi pada intinya, dari 6 saran yang kami rangkum diatas, ambil yang sesuai dengan valeu anda dan buang yang enggak.

Somoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda ya. Sampai jumpa diartikel kelanjutnya.


Terkait

Artikel Terbaru

Menilik Perkembangan Bank Digital di Indonesia Menilik Perkembangan Bank Digital di Indonesia
perbankan October, 2021
Menilik Perkembangan Bank Digital di Indonesia

Bank digital merupakan bank yang bekerja layaknya perbankan secara umumnya, namun perbedaannya dilakukan melalui aplikasi di gadget ataupun lewat website

JAG: Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Langsung Cair JAG: Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Langsung Cair
serba serbi October, 2021
JAG: Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Langsung Cair

Sebagai apk terbaru untuk menghasilkan uang, Anda pasti dapat menggunakan JAG untuk menghasilkan uang dari internet

Snack Video Apk Penghasil Uang Terbaru Terbukti Membayar Snack Video Apk Penghasil Uang Terbaru Terbukti Membayar
serba serbi October, 2021
Snack Video Apk Penghasil Uang Terbaru Terbukti Membayar

Di antara sekian banyak aplikasi penghasil uang tanpa modal, Snack Video adalah salah satunya. Mungkin sebagian dari Anda masih belum yakin dengan hal ini dan masih bertanya-tanya apakah Snack Video Apk sudah terbukti membuahkan hasil?

Aplikasi Penghasil Uang Asli Dari Novelah Aplikasi Penghasil Uang Asli Dari Novelah
serba serbi October, 2021
Aplikasi Penghasil Uang Asli Dari Novelah

Sejak diluncurkan awal Agustus 2021, aplikasi penghasil uang terbaru seperti Novelah menjadi viral karena diklaim bisa menghasilkan uang dengan cepat

Tiktok Shop Seller: Aplikasi Penghasil Uang Instan Tiktok Shop Seller: Aplikasi Penghasil Uang Instan
serba serbi October, 2021
Tiktok Shop Seller: Aplikasi Penghasil Uang Instan

Selain menjadi media sosial yang terkenal bagi banyak orang, Tiktok mengambil kemenangan tambahan dengan fitur terbarunya, Penjual Toko Tiktok

4 APK Penghasil Saldo Dana Terbaru 2021 4 APK Penghasil Saldo Dana Terbaru 2021
serba serbi October, 2021
4 APK Penghasil Saldo Dana Terbaru 2021

Ada banyak aplikasi penghasil uang terbaru dan tentunya masih legit untuk dicoba. Juga tugas dan cara mendapatkan uang di aplikasi sangat mudah

7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah 7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah
pinjol September, 2021
7 Pinjaman Online Terbaik 2021 Pencairan Mudah

Saat ini pinjaman online terbaik 2021 sudah banyak digunakan sebagai alternatif kebutuhan pembiayaan yang mendesak